Klik Gambar Yg bergerak

Tuesday, March 5, 2013

MAKANAN KHAS BATAK ''NANIURA"

Jika berbicara mengenai kuliner yang satu ini, banyak yang sudah tidak mengenalnya, apalagi mampu membuatnya. Naniura adalah olahan ikan dengan bumbu-bumbu yang umum kita temukan di dapur, namun yang membuatnya menjadi unik karena naniura tidak melalui proses dimasak dengan api.
Mungkin anda akan berpikir "jadi ikan ini mentah?" Ya, mentah, namun tidak benar-benar mentah, karena berkat olahan bumbu yang dilumurkan pada ikan ini, maka naniura menjadi matang. Hal ini sudah dilakukan penelitian untuk membuktikan kualitas panganan yang satu ini, sama seperti ikan lain yang ada di Jepang yang menjadi santapan banyak orang. Sehingga naniura sering disebut makanan internasional yang bisa dimakan semua orang.
Karena begitu uniknya kuliner yang satu ini, ada kesempatan untuk lebih menduniakan naniura seperti layaknya olahan-olahan ikan khas Jepang yang sudah lebih dahulu mendunia. Namun sayangnya mungkin karena lidah ataupun entah karena selera, selain karena fakta bahwa ikan ini tidak melalui proses dimasak, di Indonesia, bahkan di kalangan Bangsa Batak sendiri, naniura sering dilupakan.

Dengan begitu banyaknya potensi yang dimiliki oleh naniura, mungkin ada salah satu dari anda yang ingin menduniakan kuliner ini? 

Sejarah
Tidak begitu banyak artikel yang membahas tentang asal-usul olahan makanan naniura ini, hanya disebutkan bahwa dahulu naniura selalu disajikan khusus sebagai santapan para raja-raja, namun karena rasanya yang khas sehingga berkembang menjadi makanan khas Bangsa Batak.
Mengenai ikan yang digunakan, saat ini lebih banyak digunakan ikan mas, sebetulnya bisa ikan apa saja, namun kenyataannya memang saat ini ikan mas yang lebih cocok digunakan.
Berdasarkan penuturan Orang Tua, dahulu ikan yang digunakan sebagai olahan naniura adalah ikan yang disebut sebagai "ihan" atau ada juga yang menyebutnya ikan batak atau ikan jurung (Dekke Jurung-jurung).
Bentuk ihan ini memang mempunyai kemiripan dengan ikan mas, namun bukan ikan mas, ikan ini adalah ikan endemik di Tanah Batak yang sudah terancam punah dan masuk dalam Red List Status di IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) dengan kode Ref.57073 sejak tahun 1996.
Mengolah Naniura

Setelah kita tahu sedikit mengenai apa itu naniura, ada baiknya anda coba untuk membuatnya.
Bahan-Bahan :
0,5 kilogram ikan mas
3 biji asam jungga
0,25 ons andaliman
1 ons kemiri
5 cm lengkuas
5 cm kunyit
2 ikat rias
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
setengah ons cabe merah

Cara mengolah :

1. Ikan mas dibersihkan dari sisik, kemudian ikan dibelah dua dari punggung ikan. Duri ikan dikeluarkan semuanya. Sesudah bersih, ikan digarami dan diasami. Dibiarkan selama 5 jam.
2. Kemiri di gongseng, dibiarkan dulu. Jahe, kunyit, bawang merah dan putih di goreng. Kemudian rias dikukus, sedangkan cabe digiling. Seluruh bumbu kemudian diulek (tumbuk).
3. Bumbu dimasukkan atau diolesi ke permukaan ikan. Biarkan satu jam lagi.
4. Siap dihidangkan
Catatan : untuk mendapatkan hasil yang baik, memasak dimulai pagi hari, dan sore dihidangkan

No comments:

musik ====> Dian Sitio ====> DapotHon Ma Au